Peraturan Keuchiek

PERATURAN KEUCHIEK GAMPONG RUSEB ARA KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN

NOMOR 3 TAHUN 2018

 

TENTANG

PENGHASILAN TETAP KEUCHIEK, PERANGKAT GAMPONG DAN TUNJANGAN, INSENTIF SERTA BIAYA OPERASIONAL LAINNYA

TAHUN ANGGARAN 2018

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

KEUCHIEK RUSEB ARA

 

Menimbang :

a. Bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 81 dan Pasal 82 Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun   2015 tentang Perubahan atas peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan Peraturan Bupati Bireuen nomor 4 tahun 2018 tentang Penghasilan tetap keuchiek, Perangkat Gampong dan Tunjangan, Insentif serta Biaya Operasional Lainnya.

Bahwa bedasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Peraturan Keuchiek tentang Penghasilan Keuchiek dan Perangkat lainnya Gampong Ruseb Ara kecamatan jangka kabupaten Bireuen

Mengingat :

  1. Undang- undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa ( lembaran Negara Repoblik Indonesia Tahun 2006 nomor 62, tambahan lembaran Negara Repoblik Indonesia Nomor 5465)
  2. Undang- undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah ( lembaran Negara Repoblik Indonesia Tahun 2014 nomor 244, tambahan lembaran Negara Repoblik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah diubah untuk kedua kalinya dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 (lembaran Negara Repoblik Indonesia tahun 2015 nomor 58, tambahan Lembaran Negara Repoblik Indonesia nomor 5679);
  3. Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi Pemerintahan (lembaran Negara Repoblik Indonesia tahun 2014 nomor 292); 
  4. Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan undang- undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2015 (Lembaran Negara Repoblik Indonesia tahun 2015 nomor 157 tambahan lembaran Negara Repoblik Indonesia nomor 5717);
  5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Repoblik Indonesia nomor 4 tahun 2007 tentang Pedoman Pengololaan Kekayaan Desa
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Repoblik Indonesia nomor 111 tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri Repoblik Indonesia nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri Repoblik Indonesia nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa
  9. Peraturan Gubernur Aceh nomor 25 tahun 2011 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pemerintahan Gampong
  10. Qanun Kabupaten Bireuen nomor 3 tahun 2012 tentang Pemerintahan Gampong
  11. Peraturan Bupati Bireuen nomor 4 tahun 2018 tentang Penghasilan tetap Keuchiek, Perangkat Gampong dan Tunjangan, Insentif serta Biaya Operasional Lainnya
  12. Qanun Gampong Ruseb Ara nomor 1 tahun 2018 tentang APBG Tahun anggaran 2018

 

 

MEMUTUSKAN:

Menetapkan:

Peraturan Keuchiek tentang Penghasilan Tetap Keuchiek ,Perangkat Gampong dan Tunjangan, insentif serta Biaya Operasional lainnya.

 

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Bupati ini, yang dimaksud dengan;

1.      Daerah adalah Kabupaten Bireuen

2.      Bupati adalah Bupati Bireuen

3.      Gampong adalah Gampong dan Gampong adat selanjutnya disebut Gampong, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat bedasarkan prakarsa Masyarakat, hak asal usul, dan/ atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia.

4.      Pemerintah Gampong adalah Penyelenggaraan urusan Pemerintah oleh Pemerintahan Gampong dan Tuha Peut dalam Mengatur dan Mengurus kepentingan masyarakat setempat bedasarkan hak asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Repoblik Indonesia.

5.      Pemerintah Gampong adalah Keuchiek, imum Gampong, dan Perangkat Gampong yang memiliki tugas dalam penyelenggaraan Pemerintahan Gampong.

6.      Keuchiek adalah Pimpinan Gampong sebagai kepala eksekutif Gampong yang memiliki kewenangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di gampong.

7.      Tuha Peut adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Gampong bedasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

8.      Keuangan Gampongn adalah semua hak dan kewajiban Gampong yang dapat di nilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban gampong.

9.      Pengololaan keuangan Gampong adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaa, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban keuangan Gampong.

10.  Rekening Kas Gampong adalah rekening tempat menyimpan uang Pemerintahan Gampong yang menampung untuk membayar seluruh pengeluaran Gampong pada Bank yang ditetapkan.

 

BAB II

UMUM

Pasal 2

Penghasilan tetap Keuchiek dan Perangkat Gampong terdiri atas penghasilan tetap dan penghasilan lainnya.

Pasal 3

Penghasilan tetap Keuchiek dan Perangkat Gampong sebagai mana dimaksud pada pasal 2 diproleh dari dana transfer yang bersember dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten Bireuen berupa Alokasi Dana Gampong (ADG).

 

BAB III

MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN

Bagian Kesatu

Maksud dan Tujuan

Pasal 4

1)      Peraturan Penghasilan Keuchiek dan Perangkat Gampong dimaksudkan untuk memberikan Pedoman kepada pemerintahan Gampong dalam mengelokasikan penghasilan Perangkat Gampong dalam APBG baik yang besumber dari APBK maupun APBN;

2)      Peraturan Penghasilan Keuchiek dan Perangkat Gampong bertujuan untuk pemerataan penghasilan operatur pemerintahan Gampong dan meningkatkan kesejahteraan Perangkat;

3)      Peningkatan kesejahteraan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dimaksudkan agar kinerja dalam menjalankan tugas, kewajiban, serta tanggung jawab Keuchiek dan Perangkat Gampong dapat meningkat dan lebih baik;

 

Bagian Kedua

Sasaran

Pasal 5

 

1)        Pemberian penghasilan tetap dan Penghasilan lainnya sebagaimana dimaksud pada pasal 2 diberikan oleh Pemerintahan Gampong Kepada:

a.    Keuchiek

b.    Keurani Gampong

c.    Keurani Cut

d.   Peutua Dusun

e.    Tuha Peut Gampong

f.     Imum Gampong

g.    Bendahara Gampong

h.    Tuha Lapan

i.      Operator Komputer

j.      Dan Lembaga Gampong lainya ditetapkan dengan Keputusan Keuchiek

 

2)        Perangkat Gampong sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak diberikan penghasilan tetap dalam hal ;

a.       Meninggal Dunia

b.      Berakhir Masa Jabatan dan

c.       Diberhentikan

 

3)        Dalam hal penerima penghasilan tetap meninggal dunia maka penghasilan tetap diterimakan kepada ahli waris dan ahli waris mendapatkan penghasilan tetap selama 3 (tiga) bulan setelah meninggalnya yang bersangkutan;

 

4)        Dalam hal berakhir masa jabatan atau diberhentikan maka penerima penghasilan tetap tidak diberikan haknya sejak yang bersangkutan berakhir masa jabatannya atau diberhentikan oleh pejabat yang berwenang;

 

5)        Dalam hal diberhentikan sementara penghasilan tetap diberikan sebesar 50% (lima puluh perseratus) dari penghasilan tetap yang diterima.

 

BAB IV

Besaran Penghasilan

Pasal 6

 

1)      Besaran Penghasilan Tetap dan tunjangan Keuchiek dan Perangkat Gampong sebagaimana tercantum dalam lampiran 1 yang tak terpisahkan dari Keputusan ini:

2)      Penghasilan tetap sebagaimana dimaksud ayat (1) diberikan setiap pertiga bulan

3)      Penghasilan sebagaimana dimaksud ayat (2) di transfer dari Rekening Kas Gampong ke rekening Perangkat Gampong

4)      Yang dimaksud pada ayat (3) rekening yang sama dengan rekening Kas Gampong yaitu Bank Aceh

5)      Penghasilan ditransfer setelah menyerahkan Foto Copy Surat Keputusan (SK) dan Nomor Rekening kepada Bendahara Gampong.

 

Pasal 7

 

Jenis dan besaran penghasilan lainnya untuk Keuchiek dan Perangkat Gampong sebagaimana pasal 6 ayat (1) ditetapkan oleh Keuchiek dengan Keputusan Keuchiek.

 

BAB V

PENUTUP

Pasal 8

Peraturan Keuchiek ini berlaku untuk satu tahun anggaran 2018

 

Pasal 9

Peraturan Keuchiek Gampong ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Keuchiek ini dengan penempatannya dalam Berita Gampong.

 

 

 

Ditetapkan Di Ruseb Ara

                                                                                       Pada Tanggal 25 Juni 2018

                                                                                        Keuchik Ruseb Ara

                                                                                             ( Joni )

Diundangkan di Ruseb Ara

Pada tanggal,26 Juni 2018

KEURANI GAMPONG

RUSEB ARA

 

 

MULYADI

LEMBARAN GAMPONG RUSEB ARA TAHUN 2018 NOMOR 2

 

Facebook Comments