Kue Timpan Makanan Khas Aceh

RUSEBARA.DESA.ID –  Aceh tidak hanya dikenal dengan kuliner yang kaya akan rempah.

Ada satu penganan khas Aceh yang justru terasa legit dan membuat kangen, apalagi kalau bukan kue timpan.

Jika anda seorang pecinta kuliner manis? Belum lengkap rasanya jika anda belum pernah mencicipi kudapan manis khas Aceh yang bernama kue timpan ini.

Pada dasarnya, kue timpan adalah kuliner istimewa dari Aceh.

Kak Juwaini selaku perajin kue timpan di Ruseb Ara menyampaikan, timpan biasanya hadir dan menjadi hidangan wajib saat hari lebaran dan warung kopi

“Timpan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung kerumah saat lebaran. Dia biasanya ini dibuat satu atau dua hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminngu,” ungkap Kak Juwaini.

Secara fisik timpan adalah kue basah berbalut daun pisang muda.

Memiliki ciri khas rasa yang manis dan gurih, timpan yang dibuat oleh Kak Juwaini dengan beberapa varian isi seperti kelapa, pisang dan yang paling umum adalah isi srikaya.

Campuran dari tepung ketan dan pisang raja ini sangatlah lezat, dengan teksturnya yang lembut, aroma pisang yang menggugah selera

Sarikaya atau kelapa yang menjadi isi dari kue timpan yang manis ini membuat masyarakat mulai dari anak kecil sampai orang tua pun menyukainya.

Kue Timpan memang sedikit sulit didapatkan, bahkan untuk di Warung kopipun kerap kehabisan Timpan saat malam menjelang.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat memasan langsung pada Kak Juwaini baik dalam jumlah yang banyak maupun skala untuk makan.

Bagi Anda yang ingin membuat kue ini, kak juwaini siap menberikan cara-caranya membuat kue timpan isi kelapa ini dengan resep nya.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan