MASYARAKAT GAMPONG RUSEB ARA MEBENTUK KELOMPOK MENJAHIT

RUSEBARA.DESA.ID-– Gampong Ruseb Ara kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh mebentuk Program Kelompok Menjahit untuk masyarakat khususnya kaum Perempuan.

Program ini dilakukan untuk  meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM yang akan diterjunkan ditengah masyarakat, minggu (10/02/2019).

 Selama ini kaum perempuan digampong Ruseb Ara selalu hanya menjadi beban bagi keluarganya, dan bagi yang memiliki suami hanya menunggu uang dari suami, serta hanya bergunjing dan bertandang ketetangga, kaum wanita banyak yang terpinggirkan, sebenarnya kaum perempuan gampong Ruseb ara bukan pemalas, tetapi ketidaktahuan mereka bagaimana menambah pendapatan keluarga, dengan adanya program Jahit menjahit  ini perempuan digampong Ruseb Ara memiliki pekerjaan dan Penghasilan sendiri, perempuan  dapat menghasilkan uang dan mampu produktif dalam berkarya. Kaum perempuan apabila diberikan kesempatan untuk berkarya dapat mengalahkan kesungguhan kaum pria, dan mereka lebih tekun dan serius dalam mengerjakan sesuatu.’kata Keuchiek Joni’.
Dalam pertemuan ini sudah terbentuk 3 (tiga) kelompok Menjahit dan masing-masing kelompok diisi 10 anggota, berikut ini Nama Kelompok  dan ketua kelompok;
             1. ijo Tomat  (Ikatan Jomblo Terhomat)  ketua  Henny Perdanty
             2. Orang Tua Berkarya Ketua Marwati
             3. Bunga Kembang Ketua Rafika Sari
kelompok menjahit dibawah binaan  PKK Gampong Ruseb Ara, kelompok menjahit akan diberikan Pelatihan  Pola Menjahit .
Miyen Za, selaku Ketua PKK  dan Pembina Kelompok menjahit mengatakan,pertama tama yang diajarkan yaitu mempelajari bentuk pola, dengan potong baju
Kemudian  belajar mengunakan mesin.Setelah sudah bisa menjahit lurus langsung menjahit ke bahan yang telah dipotong,

“Diharapkan  dengan enam kali pertemuan nantinya sudah menghasilkan satu baju dari hasil menjahit, “.ujarnya

Ia berharap,  untuk bisa memberdayakan ibu ibu menjadi tukang jahit yang nantinya akan menjadi tukang jahit yang profesional.

Sementara itu kepala desa  ( Keuchiek) Joni, mengatakan masyarakat Gampong Ruseb Ara sangat terbantu dengan adanya program Kelompok Menjahit ini.

“dan semoga bermanfaat sehingga menjadikan penjahit yang mandiri dan profesional, dan mewarisi keahlian menjahit pada generasi penerus selanjutnya,”ungkapnya.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan