Pembangunan Saluran

RUSEBARA.DESA.ID – Upaya peningkatan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Gampong Ruseb Ara, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. Salah satunya melalui peluncuran saluran air.

Beberapa titk tersebar di beberapa dusun dibangun saluran air guna mengantisipasi luapan air. Desa ini juga sedang melakukan perkerasan jalan antar dusun.

Kepala Desa (Keuchiek) Ruseb Ara, Joni , Sabtu(29/12/2018) menyebut alasan pemilihan dua prioritas itu.

“Untuk saluran, sangat diperlukan warga. Karena beberapa titik, belum ada saluran,” katanya.

Minimnya Saluran yang dimaksud menurut Keuchiek, menyebabkan lupaan air hujan yang mengalir dari jalan atau dataran tinggi sering masuk ke pemukiman. “Karena kalau tidak ada saluran, saat hujan lebat, airnya sampai masuk ke pemukiman, bahkan ada yang sampai masuk ke rumah warga” katanya.

Oleh karena itu kata Keuchiek, pembuatan saluran air (saluran permanen) menjadi pilihan pada program pembangunan tahun 2018 – 2019 ini di desa.

“sumber dananya dari Dana Desa yang tertuang dalam APBG , Pembangunan langsung dikerjakan oleh Masyarakat Desa,” katanya.

Terkait dana desa (APBN) yang dikelolah oleh pihak desa dalam hal pembuatan Saluran, Keuchiek menyebut angkanya bervariatif, Rp 60 juta hingga Rp 80 juta.

“Yang jelas jumlah totalnya tidak sampai Rp 200 juta. Lokasi pembuatan saluran ini menyebar di beberapa dusun,” katanya.

Sementara itu dana APBN yang dimiliki Desa Ruseb Ara sekitar Rp 660 juta. Namun penggunaannya tidak hanya untuk saluran saja, melainkan ada kegunaan lain. Dana itu termasuk untuk pemberdayaan masyarakat, pembangunan gedung serba guna, rumah duafha, pembuatan jalan  dan kegiatan lainya.

“Penggunaannya dibagi-bagi pada beberapa kegiatan,” katanya.

Berikut ini adalah foto kegiatan pembangunan saluran.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan