PENYULUHAN SERTIFIKAT TANAH

RUSEBARA.DESA.ID–  Kepala Desa Ruseb Ara ( Keuchiek ) Joni kembali mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya sertifikat tanah. Memilki sertifikat tanah tentu sangat berharga, terlebih lagi bagi warga yang kurang mampu. Setidaknya, mereka memiliki kejelasan status tanah yang mereka miliki dari sertifikat tersebut.

Soalnya, selama ini terjadi beberapa kendala yang membuat sertifikat tanah urung diurus. Padahal dengan pengurusan itu, banyak yang bisa dilakukan  warga untuk mebangkit ekonominya.

Pemerintah Gampong Ruseb Ara Tahun 2019 memiliki target semua tanah yang masuk wilayah Ruseb Ara sudah memiliki Sertifikat, untuk mewujudkan target tersebut Kepala Desa Ruseb Ara (Keuchiek) Joni Bekerja sama dengan Kantor Pertanahan Nasional (Kabupaten Bireuen) melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Adanya sertifikat, sambungnya, status kepemilikan tanah sudah pasti menjadi jelas. “Konflik tanah dan sengketa yang terjadi karena masyarakat tidak memegang sertifikat bisa terhindarkan,” ujarnya.

Sejatinya, sertifikat selain sebagai bukti legalitas juga dapat dimanfaatkan sebagai agunan yang berharga. Meski demikian, Keuchiek meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengagunkan sertifikat tanah ke bank.

“Jika ingin menggadaikan sertifikat ke bank harus untuk hal-hal yang bermanfaat seperti modal usaha. Jangan untuk membeli sepeda motor atau mobil,” ia mengimbau.

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan