SERTIFIKAT TANAH GRATIS

RUSEBARA.DESA.ID– Pemerintahan Gampong Ruseb Ara Keuchiek Joni  meminta kepada warga agar memanfaatkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini, ata yang kana beugot that bak papah, leubah that susah bak tamita yang laen,” kata Keuchiek Joni saat membuka Acara Penyuluhan PTSL Tahun 2019 di Meunasah Gampong Ruseb ara.

Tujuan pendaftaran tanah ditetapkan dalam pasal 3 dan pasal 4 peraturan pemerintah No. 24 tahun 1997, yaitu :
  1. Untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah, satuan rumah susun dan hak – hak lainnya yang terdaftar. Untuk itu kepada pemegang hak yang bersangkutan diberikan sertifikat hak atas tanah.
  2. Untuk menyediakan informasi kepada pihak – pihak yang berkepentingan termasuk pemerintah agar dengan mudah memperoleh data – data yang diperlukan dalam mengadakan perbuatan hukum mengenai bidang – bidang tanah dan satuan – satuan rumah susun yang sudah terdaftar.
  3. Untuk terselenggaranya tertib administrasi pertanahan.
Jaminan kepastian hukum sebagai salah satu tujuan pendaftaran tanah meliputi :
  1. Kepastian status hak. Dengan pendaftaran tanah dapat diketahui dengan pasti status hak yang terdaftar, yaitu apakah hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, hak pengelolaan ataukan hak milik atas satuan rumah susun.
  2. Kepastian subjek hak. Dengan pendaftaran tanah dapat diketahui dengan pasti siapa yang menjadi subjek hak atau pemegang haknya, yaitu perseorangan ataukah badan hukum.
  3. Kepastian objek hak. Dengan pendaftaran tanah dapat diketahui dengan pasti ukuran (luas) tanahnya, dan batas – batas tanahnya.
Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan