SOSIALISASI HAK ATAS TANAH

RUSEBARA.DESA.ID–Tanah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat di bireuen khususnya Gampong Ruseb Ara. Mengapa? Fakta pertama yang dapat diajukan sebagai pendukung kebenaran pernyataan tersebut adalah banyaknya masyarakat yang menggantungkan penghidupan sehari-harinya pada tanah, baik untuk bertani, berkebun, maupun usaha-usaha lainnya dengan memanfaatkan tanah yang dimiliki.  Fakta kedua, cukup banyak pula orang yang menggantungkan nasib hari depannya bahkan sampai kehidupan anak cucunya dengan menjadikan tanah sebagai aset investasi.

Meski masyarakat menggantungkan hidupnya dari atas tanah, tapi banyak masyarakat belum memiliki sertifikat. Pemerintah kabupaten bireuen melalui Dinas Pertanahan mengadakan Sosialisasi Kepemilikan Hak atas Tanah bertempat Aula Hotel Djarwal.

Kepala Dinas Pertanahan Bapak Hanafiah.SP dan Bapak Syukri dari Badan Pertanahan kabupaten bireuen juga ikut memberikan materi tentang pentingnya masyarakat memiliki sertifikat. Memiliki sertifikat tanah sangat beharga, terlebih lagi bagi warga yang kurang mampu, setidaknya mereka memiliki kejelasan status tanah yang mereka miliki dari sertifikat tersebut.

Selama ini  terjadi di masyarakat urung mengurus sertifikat tanah. padahal dengan pengurusan, banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Keberadaan  sertifikat tanah sangat penting sebagai bukti identitas kepemilikan aset tanah. Ini merupakan langkah pencegahan bila ada yang mengaku punya tanah milik orang lain.

Pemerintahan Gampong Ruseb Ara dibawah Kemimpinan Kepala Desa (Keuchiek) Joni  meminta masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah segera mengurus. Masyarakat harus benar benar memanfaatkan program PTSL ini yang sedang berlangsung di gampong.

Bagi warga yang memiliki tanah di Gampong Ruseb Ara yang belum memiliki sertifikat tanah, sebaiknya segera mendaftar  ke kantor kepala desa (Keuchiek). Atau dapat menghubungi langsung Petugas Pertanahan Gampong Ruseb Ara Nuraini.SE

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan